Makanan yg harus dihindari saat perut kembung

Makanan yg harus dihindari saat perut kembung

Makanan yg harus dihindari saat perut kembung.- Perut kembung biasa dialami oleh setiap orang ini dikarenakan oleh proses pencernaan yang tidak lancar serta dipicu oleh adanya produksi gas di dalam lambung juga cairan yang berlebih mengakibatkan adanya rasa tidak nyaman dalam lambung.

Keadaan ini meskipun bukan masalah yang serius namun tentunya sangat tidak nyaman biasanya kita juga akan susah untuk mengeluarkan gas sehingga perut kita menjadi sebah atau kembung, jika anda sedang mengalami perut kembung Cara sementara untuk mengatasinya adalah dengan berbaring,berolahraga, dan minum air putih.

Tapi jika Anda sering mengalami perut kembung,  Lin Chang, MD, profesor kedokteran di UCLA's David Geffen School of Medicine, menyarankan agar mengurangi makanan-makanan penyebab perut kembung. Berikut beberapa makanan yang harus di hindari saat perut Anda kembung.

Makanan yg harus dihindari saat perut kembung


1. Yogurt
Yogurt baik untuk kesehatan pencernaan. Tapi ada beberapa produk yogurt yang bisa membuat kembung. Ini karena susu dan produk turunannya tersebut mengandung laktosa dalam kadar yang berbeda-beda. Di dalam tubuh, laktosa akan difermentasi dan menghasilkan gas, kata Greer. Tidak semua yogurt memiliki efek demikian. Greek yogurt tanpa tambahan perasa dengan kandungan hanya 12 gram gula persajian adalah contoh yogurt yang baik untuk Anda konsumsi.

2. Sayuran cruciferous
Brussel sprout, brokoli, kol adalah sayuran yang mengandung karbohidrat rafinosa. Tubuh kita tidak menghasilkan enzim untuk memecah rafinosa. Karena tidak dipecah terlebih dulu, ketika masuk ke usus besar, sayuran ini akam difermentasi oleh bakteri. Hasilnya? Gas akan memenuhi usus besar dan menyebabkan kita kembung dan bisa buang angin beraroma tak sedap.

3. Biji-bijian
Tepung resistan adalah jenis serat yang tidak larut dan secara natural ada di kulit luar biji-bijian. Untuk mengatasinya, Greer menyarankan supaya Anda merendam biji-bijan di dalam air bersih semalaman. Perendaman ini dapat memecah sejumlah tepung di dalam biji-bijian itu sehingga lebih mudah diproses oleh usus besar.

4. Bawang merah
Bawang merah mengandung karbohidrat fruktan. "Makanan seperti bawang merah dan bawang shallot kurang bisa dicerna dan meningkatkan jumlah air di usus, menghasilkam gas dan menyebabkan kembung," kata Chang.

5. Semangka
Buah ini mengandung fruktosa dengan kadar yang tinggi. Menurut Greer, ada sekitar 30-40 persen orang tidak bisa menyerap fruktosa berkadar tinggi sehingga memicu gas, kembung dan kadang diare.

6. Pemanis buatan
Sorbitol dan xylitol, pemanis yang biasa ada dalam permen karet, diserap dalam waktu yang sangat lama oleh tubuh. Hasilnya, gula alkohol ini menghasilkan gas, kembung, kram.dan kadang diare.

7. Gandum
Gandum, termasuk gandum hitam, adalah contoh sumber fruktan yang tak bisa dicerna. Bagi orang dengan intoleransi gluten, makan gandum ini dapat memicu reaksi imun dan menghancurkan lapisan usus halus dan menbulakn kembung atau kadang disertai diare. Bagi orang yang tidak intoleran dengan gluten, serat gandum tetap dapat difermentasi bakteri sehingga tetap berisiko menghasilkan gas. (LT)

Referensi : http://meetdoctor.com

Itulah Makanan yg harus dihindari saat perut kembung. Terima kasih atas kunjungan Anda, Semoga informasi yang kami sajikan bisa bermanfaat.

Baca juga :

Makanan yg harus dihindari saat perut kembung

Artikel Terkait

Previous
Next Post »